Rabu, 28 Maret 2018

Bagaimana Memperbaiki Kesalahan 'Tidak Ada Ruang Tersisa pada Perangkat' di Linux


  • Jadi sistem Linux Anda mengatakan kepada Anda bahwa Anda tidak memiliki ruang tersisa di hard drive Anda , tetapi Anda tahu sebenarnya ada banyak ruang kosong yang tersisa. Mengapa? Ini adalah salah satu dari sedikit kesalahan yang membuat frustasi pada sistem Linux , tetapi ada beberapa penyebab biasa.
Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya untuk memeriksa bahwa memang ada ruang yang tersisa di disk Sementara alat di lingkungan desktop Anda bagus, lebih baik menggunakan yang langsung dari baris perintah.
Linux Filesystem du
Mulailah dengan duArahkan ke direktori dasar pada drive yang mengalami masalah. Panduan ini mengasumsikan itu adalah partisi dengan root.
sudo  du-  sh  /
Sistem Berkas Linux df
Butuh beberapa waktu untuk menyelesaikan semuanya. Sekarang, cobalah df.
sudo  df  -h
Tambahkan root dan filesystem yang dipasang di bawahnya. Misalnya, jika Anda memiliki "/ home" pada drive yang terpisah , tambahkan itu dengan pembacaan untuk root. Total harus mendekati apa yang Anda miliki  duJika tidak, itu mungkin mengarah ke file yang dihapus yang digunakan oleh suatu proses.
Tentu saja, yang menjadi perhatian utama di sini adalah apakah hasil dari perintah ini berada di bawah ukuran drive . Jika itu terjadi, jelas ada yang salah.
Ada beberapa penyebab utama di sini. Jika Anda melihat perbedaan antara dudan dfAnda dapat melompat ke opsi pertama di sini. Jika tidak, mulailah dari yang kedua.

File yang Dihapus Dicadangkan oleh Proses

Kadang-kadang, file akan dihapus, tetapi proses masih menggunakannya. Linux tidak akan melepaskan penyimpanan yang terkait dengan file saat proses masih berjalan. Anda hanya perlu menemukan prosesnya dan memulai ulang.
Periksa proses untuk file yang dihapus
Coba cari prosesnya.
sudo lsof /  |  grep dihapus
Proses yang bermasalah harus dicantumkan, kemudian restart saja.
sudo systemctl restart service_name

Inode Tidak Cukup

Linux memeriksa inode sistem file
Ada satu set metadata pada sistem file yang disebut "inode." Inode melacak informasi tentang file. Banyak filesystem memiliki jumlah inode yang tetap, jadi sangat mungkin untuk mengisi alokasi maksimal inode tanpa mengisi filesystem itu sendiri. Anda dapat menggunakannya dfuntuk memeriksa.
sudo  df  -i  /
Bandingkan inode yang digunakan dengan total inode. Jika tidak ada lagi yang tersedia, sayangnya, Anda tidak bisa mendapatkan lebih banyak. Hapus beberapa file yang tidak berguna atau tidak mutakhir untuk membersihkan inode.

Bad Blocks

Masalah umum terakhir adalah blok filesystem yang buruk. Filesystem mengalami kerusakan dan hard drivemati. Sistem operasi Anda kemungkinan besar akan melihat blok tersebut dapat digunakan kecuali jika ditandai lain. Cara terbaik untuk menemukan dan menandai blok-blok adalah dengan menggunakan fsckdengan -ccbendera. Ingat bahwa Anda tidak dapat menggunakan fsckdari sistem file yang sama yang Anda uji. Anda mungkin harus menggunakan live CD .
sudo fsck -vcck  / dev / sda2
Tentunya, ganti lokasi drive dengan drive yang ingin Anda periksa. Juga, perlu diingat bahwa ini mungkin akan memakan waktu lama.
Semoga, salah satu solusi ini memecahkan masalah Anda. Masalah ini tidak mudah didiagnosis dalam setiap kejadian. Namun, dengan sedikit keberuntungan, Anda bisa menyelesaikannya dan membuat hard drive Andaberfungsi kembali seperti biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dibuat oleh> AGUN RUDOLVO