Sering-Sering Kunjungi Website Saya, Supaya Semangat Membangun blog :]

Rabu, 28 Maret 2018

Cara Berpindah ke Xorg dari Wayland di Ubuntu 17.10 [Quick Tip]


  • Sebagian besar dari Anda mungkin tidak menyadari hal ini, tetapi di Ubuntu 17.10, server tampilan default yang digunakan dialihkan ke Wayland ( server tampilan default yang digunakan di Gnome Desktop ) bukan Xorg biasa. Dalam banyak kasus ini adalah hal yang baik, karena Wayland lebih aman dan memperbaiki banyak kekurangan yang ditemukan di X11 . Hal yang buruk adalah ia akan merusak beberapa aplikasi yang masih bergantung pada server X11 lama .
Untungnya, Ubuntu hadir dengan kedua Wayland dan Xorg diinstal, dan Anda dapat dengan mudah beralih di antara keduanya. Di sini kita akan melihat bagaimana Anda dapat beralih ke Xorg dari Wayland di Ubuntu 17.10.
Secara default, ketika Anda masuk ke desktop Ubuntu Anda , ia akan menjalankan Wayland. Untuk beralih ke Xorg, Anda harus keluar dari sesi Anda saat ini.
1. Pada layar klik login pada icon gigi di samping “Sign In” tombol .
ubuntu-masuk-layar-cog-ikon
2. Pilih opsi "Ubuntu on Xorg."
ubuntu-on-xorg-opsi
3. Masukkan kata sandi Anda dan masuk ke mesin Ubuntu Anda .
Itu dia. Ubuntu Anda sekarang berjalan di Xorg, dan aplikasi lama Anda akan berfungsi sekarang. Perhatikan bahwa ini akan menjadi default baru setiap kali Anda masuk, sampai Anda kembali ke layar login.
Jika Anda hanya ingin mengetahui server tampilan mana Ubuntu Anda saat ini berjalan, Anda dapat menggunakan perintah berikut untuk melakukannya:
echo  $ XDG_SESSION_TYPE
Jika Anda melihat X11, berarti Anda menjalankan Xorg. Demikian pula, jika Anda melihat "daratan," maka Anda menjalankan Wayland.
ubuntu-sesi-jenis
Akan ada beberapa aplikasi yang memerlukan izin root yang tidak akan berjalan di Wayland. Misalnya, jika Anda masih menggunakan aplikasi Synaptic yang lama aplikasi ini tidak akan berjalan di Wayland. Anda mungkin akan melihat kesalahan seperti gambar berikut.
ubuntu-wayland-kesalahan
Jika Anda hanya perlu menjalankan satu aplikasi dan tidak ingin beralih kembali ke Xorg karena ini, inilah perbaikan untuk menjalankan aplikasi tersebut di Wayland.
Di terminal ketik perintah berikut:
xhost + si: localuser: root
ubuntu-add-localuser
Apa perintah ini dilakukan adalah menambahkan pengguna lokal (atau pengguna saat) ke daftar koneksi diizinkan ke Server . Setelah itu Anda akan dapat memulai Anda aplikasi dengan sudo.
Ketika Canonical memutuskan untuk beralih kembali menggunakan desktop Gnome untuk Ubuntu , mereka juga memutuskan untuk merangkul semua hal yang datang dengan Gnome, termasuk Wayland. Ini adalah pilihan yang baik, dan jika Anda perlu beralih kembali ke Xorg, Anda sekarang tahu cara melakukannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dibuat oleh> AGUN RUDOLVO