Sering-Sering Kunjungi Website Saya, Supaya Semangat Membangun blog :]

Rabu, 28 Maret 2018

Cara Mudah Membaca Halaman Man Linux



  • Salah satu keterampilan paling penting yang dapat Anda pelajari sebagai pengguna Linux adalah bagaimana menggunakan halaman manual, atau “halaman manual.”
Artikel ini akan memperkenalkan Anda kepada dokumen-dokumen sederhana tersebut. Anda akan belajar cara membuka halaman manual dan mengidentifikasi isi di dalamnya, yang akan mencakup tanda khusus seperti teks tebal dan bergaris bawah bersama indikator seperti elips (...) dan tanda kurung ([]).
Halaman manual cukup mudah diatasi, dan waktu Anda berharga, jadi jangan buang waktu lain.
Di terminal mana pun yang Anda miliki, ketik
man  < nama halaman >
untuk membuka halaman manual. Jika Anda ingin membuka halaman untuk xterm, terminal mungkin di sistem Anda, ketik man xterm.
Halaman manual disortir menjadi beberapa bagian. Kadang-kadang Anda akan menemukan mereka terdaftar dengan nomor bagian mereka, seperti "tty (4)." Nomor bagian di sini mengacu pada terminal pengendali tty di bawah "Khusus file ( perangkat )" bagian, yang merupakan bagian dari bagian standar halaman manual tercantum dalam tautan di paragraf ini.
Setiap kali Anda melihat daftar seperti “tty (4),” Anda dapat mencapai bagian itu dengan mengetik
man  < section number >  < nama halaman >
Sintaksnya man 4 ttyakan mencapai referensi halaman di sini.
Jika Anda ingin melihat apakah halaman manual ada, coba
whatis  < kata kunci >
suka whatis xterm.
Misalkan Anda tidak tahu halaman apa yang Anda butuhkan, tetapi Anda tahu Anda ingin membaca tentang terminal. Anda dapat mencari kata kunci dengan terlebih dahulu menyegarkan cache halaman buku panduan Anda dengan perintah
mandb
Kemudian cari dengan
man  -k  < kata kunci >
Sintaksnya man -k terminalsesuai dalam situasi ini.
Anda dapat mem-pipe output panjang ke dalam pembaca teks kurang dengan menggunakan
 terminal man -k |  kurang
Itu akan membuatnya lebih mudah untuk menggulir dan mencari barang.
Berbicara tentang pembaca teks, Anda mungkin akan menemukan lesssepupu yang lebih muda, yang dikenal sebagai  more, pada sistem Anda. Munculkan halaman mananya
manusia  lagi
Seharusnya terlihat seperti gambar berikut.
Halaman manual untuk 'lebih'
Alasan moreman page berfungsi dengan baik sebagai contoh adalah karena sintaks yang ditampilkan di bagian Sinopsisnya. Bunyinya " lebih banyak [opsi] file ..."
Sementara itu mungkin tidak terlihat rumit, variasi dalam gaya dan bentuk teks semuanya penting untuk garis itu.

Teks tebal

Teks apa pun yang dicetak tebal berarti Anda harus mengetikkannya persis seperti yang ditunjukkan. Saat menggunakan lebih banyak utilitas , Anda perlu mengetikkan kata "lebih" di awal setiap perintah.

Tanda kurung

Teks yang ditampilkan dalam tanda kurung adalah opsional. Dalam kasus lain , Anda dapat menggunakan opsi seperti -fmenghitung garis logis atau -cmelukis garis, bukan menggulirnya. Permulaan dari sebuah komando yang lebih banyak dapat terlihat seperti itu
lebih  -f
atau
lebih  -f  -c
Karena parameter tersebut bersifat opsional, Anda dapat menghilangkannya secara keseluruhan.

Teks yang digarisbawahi atau dicetak miring

Tergantung pada kemampuan terminal Anda, Anda mungkin akan melihat teks bergaris bawah dan dicetak miring di tempat-tempat tertentu. Kadang-kadang teks seperti itu juga bisa menjadi warna yang berbeda. Dalam hal apa pun , jenis teks ini berarti Anda perlu menggantinya dengan argumen yang tepat.
Dalam contoh ini dengan lebih banyak, Anda harus mengganti " file " dengan nama file. more -c file.txtmasuk akal di sini.

Elips

Elipsis yang ditampilkan setelah setiap argumen - file... - atau ekspresi -  [options]... - berarti argumen atau ekspresi dapat diulangi.
Apa yang Anda dapatkan dengan lebih banyak file...berarti sesuatu seperti itu
lebih  -f text.txt anothertext.txt
Diperbolehkan. Dalam hal ini lebih banyak akan membaca "text.txt," mencetaknya ke layar, memungkinkan Anda untuk menggulir jika perlu, dan kemudian mengambil tindakan pada "anothertext.txt."

Atau

Satu jenis indikator lain yang akan Anda lihat di halaman manual adalah “|.” Simbol ini berarti “atau,” dan di halaman manual menunjukkan bahwa, misalnya, dua opsi tidak diperbolehkan bersamaan.
Semakin banyak contoh yang digunakan di atas tidak mencantumkan parameter apa pun sebagai sesuatu yang eksklusif, jadi tidak ada contoh yang relevan untuk ditampilkan untuk utilitas itu Jika Anda membaca beberapa halaman manual lainnya, Anda akan menemukan sesuatu seperti -a|-b, dan itu berarti Anda hanya dapat menggunakan -aatau -bdalam sebuah perintah.
Anda juga akan melihat berbagai bagian di halaman manual yang berulang kali dan berulang kali. Biasanya, Anda akan melihat bagian "NAME," "SYNOPSIS," "DESCRIPTION," "EXAMPLES," dan "LIHAT JUGA", semuanya tercantum dalam huruf besar untuk kejelasan. Bagian "OPSI" dan "COMMANDS" juga akan hadir.
Sebagian besar bagian sudah jelas di alam. Anda biasanya dapat memulai dari bagian atas halaman manual mana pun dan mendapatkan ikhtisar singkat tentang isinya dengan bagian Nama, Sinopsis, dan Uraian. Setelah itu, Anda dapat membaca dengan teliti opsi dan contohnya untuk melihat penggunaan umum.
Terminal sering menggunakan utilitas yang lebih sedikit untuk membaca halaman manual, jadi Anda harus dapat mencari frasa apa pun dengan /.
Sementara halaman manual mungkin tidak mewah, mereka menyimpan banyak informasi. Sekarang Anda menggunakan sintaks dasar yang ditemukan di sebagian besar halaman manual, Anda dapat dengan mudah menggunakan salah satu saat berikutnya Anda terjebak ketika menggunakan utilitas 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dibuat oleh> AGUN RUDOLVO