Bagaimana cara menonaktifkan "Driver Signature Enforcement" di Windows 10?


Versi 64-bit Windows 10 dan 8 menyertakan fitur "penegakan tanda tangan driver". Mereka hanya akan memuat driver yang telah ditandatangani oleh Microsoft. Untuk menginstal driver yang kurang resmi, driver lama yang tidak bertanda tangan, atau driver yang Anda kembangkan sendiri, Anda perlu menonaktifkan penegakan tanda tangan driver.

Driver Signature Enforcement Adalah Fitur Keamanan

Sebelum Anda mulai, perhatikan: Microsoft tidak hanya mencoba membuat hidup Anda lebih sulit di sini. Penerapan penandatanganan driver memastikan bahwa hanya driver yang telah dikirim ke Microsoft untuk masuk yang akan dimuat ke dalam kernel Windows. Ini mencegah malware menyusup ke dalam kernel Windows.

Nonaktifkan penandatanganan driver dan Anda akan dapat menginstal driver yang tidak ditandatangani secara resmi. Pastikan Anda tahu apa yang Anda lakukan! Anda sebaiknya hanya menginstal driver yang Anda percaya.

Cara Pertama: Enable Test Signing Mode

Windows menyertakan fitur Mode "Test Mode" atau "Test Signing". Aktifkan mode ini dan penegakan tanda tangan driver akan dinonaktifkan sampai Anda memilih untuk keluar dari Mode Tes. Anda akan melihat tanda air "Mode Uji" muncul di sudut kanan bawah desktop Anda di dekat jam Anda, yang memberi tahu Anda bahwa Mode Uji diaktifkan.

Anda harus menjalankan perintah dari Command Prompt Administrator untuk melakukan ini. Untuk meluncurkannya, klik kanan tombol Start atau tekan Windows + X dan pilih "Command Prompt (Admin)".

Tempelkan perintah berikut ke jendela Command Prompt dan tekan Enter:

bcdedit /set testsigning on

Restart komputer Anda untuk masuk ke mode tes. Anda akan melihat tanda air "Test Mode" muncul di sudut kanan bawah desktop Anda dan Anda akan bebas menginstal driver apa pun yang tidak ditandatangani yang Anda inginkan.

Untuk keluar dari mode tes, buka jendela Command Prompt sebagai Administrator sekali lagi dan jalankan perintah berikut:

bcdedit / set testsigning off

Cara Kedua: Menggunakan "Advanced Boot Option"

Ada juga cara lain untuk melakukan ini. Anda dapat menggunakan menu opsi boot lanjutan untuk mem-boot Windows 10 dengan penegakan tanda tangan driver dinonaktifkan. Ini bukan perubahan konfigurasi permanen. Saat Anda memulai ulang Windows di lain waktu, ini akan boot dengan penegakan tanda tangan driver diaktifkan — kecuali Anda membuka menu ini lagi.

Untuk melakukan ini, buka menu opsi boot lanjutan Windows 8 atau 10 . Misalnya, Anda dapat menahan tombol Shift sambil mengklik opsi "Restart" di Windows. Komputer Anda akan restart ke menu.

Pilih ubin "Troubleshoot" di layar Pilih opsi yang muncul.

Pilih "Opsi lanjutan".

Klik ubin "Pengaturan Startup".

Klik tombol "Restart" untuk memulai ulang PC Anda ke layar Pengaturan Startup.

Ketik "7" atau "F7" di layar Pengaturan Startup untuk mengaktifkan opsi "Nonaktifkan penegakan tanda tangan driver".

PC Anda akan boot dengan penegakan tanda tangan driver dinonaktifkan dan Anda akan dapat menginstal driver yang tidak ditandatangani. Namun, saat Anda memulai ulang komputer Anda, penegakan tanda tangan driver akan dinonaktifkan — kecuali Anda melalui menu ini lagi. Anda sekarang bebas menginstal driver yang belum ditandatangani secara resmi oleh Microsoft.

Tidak ada komentar untuk "Bagaimana cara menonaktifkan "Driver Signature Enforcement" di Windows 10?"